Senin, 19 Juni 2017

Tugas Makalah 3D Max






TUGAS MAKALAH
3D MAX
Guru Pembingbing : Apipudin Al Bantani








Disusun Oleh : Yuli Yulia Sari
Sekolah : SMK Informatika Karya Budi







Kata Pengantar 

Bissmillahirohmanirohim 
Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan  puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini.



Daftar Isi

  • Halaman Judul
  • Kata Pengantar
  • Pendahuluan
    • BAB 1
      • Pengertian 3D MAX
      • Pengenalan Dan Dasar 3D MAX
      BAB 2
      • Tutorial Membuat Sofa 
      • Tutorial Modeling Sofa
      BAB 3
      •  Penutup





BAB I

Pengertian 3DMAX merupakan perangkat lunak atau software dari grafik vektor program 3 dimensi maupun animasi, yang ditulis Autodesk Media & Entertainment. Adapun software yang satu ini dikembangkan berdasarkan pendahulunya yakni 3D Studio FO DOS, namun untuk platform dengan program Win32. Adapun versi terbaru dari 3Ds Max di bulan Juli 2005 yakni 7. Adapun untuk program 3Ds Max Autodesk 8 sendiri diperkirakan tersedia di akhir tahun 2005. Dimana hal ini sudah diumumkan pihak Discreet yang ada di Siggraph pada tahun 2005.
Pengertian 3d max yaitu sebuah paket software paling luas yang digunakan saat ini, sebab ada beberapa alasan yakni penggunaan dari platform Ms. Windows, arsitektur plugin banyak dan kemampuan untuk mengedit yang paling serba bisa. Ada sebanyak 5 metode dari pemodelan dasar, diantaranya NURBS, pemodelan Polygon, surface tool, NURMS dan Permodelan primitif. Permodelan primitif sendiri termasuk metode dasar, yang mana seseorang telah membentuk model memakai banyak silinder, kotak, cone dan objek yang sudah tersedia. 
Di samping permodelan primitif ada Metal Ray. Dimana, metal ray sendiri adalah render engine dalam program 3D Max, di samping render standar Maz seperti Default Scanline. Adapun Mental Ray sendiri terintegrasi oleh 3D Max dengan begitu tak perlu melakukan instal dengan terpisah. Adapun kelebihan dari Metal Ray sendiri yaitu bisa mengkalkulasikan efek. 
Kelebihan 3D Max
Ada beberapa keunggulan serta fitur-fitur yang dimiliki oleh program 3D Max, diantaranya:
  • Memberikan Rangka Objek 3D
Keunggulan dari fitur 3D Max yang pertama adalah memberikan rangka objek dari karakter 3D yang sudah dibuat, dengan begitu karakter 3D pun bisa bergerak layaknya pada manusia. Dalam hal ini terdapat 2 teknik yang bisa dilakukan seperti teknik Biped dan teknik Bone. Teknik Biped untuk membuat sebuah tulang yang terintegrasi ke dalam sebuah kesatuan rangka utuh. Sementara teknik bone yaitu membuat tulang dengan satu persatu lalu dilakukan link untuk antar tulang yang berkaitan satu sama lain.
  • Membuat Model Unorganic dan Organic
Model un-organik sendiri biasanya dibuat memakai teknik Compound Spline Modelling dan Compound Modelling. Teknik Compound Modelling merupakan sebuah teknik untuk membuat model melalui penggabungan atau pengkombinasian atau bentuk dari objek geometri. Sementara Spline Modelling sendiri teknik pembuatan model membentuk objek dari 2dnya lebih dulu lalu ditransfer ke dalam bentuk 3D. Model organic bisa berupa karakter dari model nyata makhluk hidup contohnya hewan dan manusia. 
  • Membuat Texture Cartoon dan Texture Real
Objek berbentuk 3D bisa diberikan sebuah texture realistic agar terlihat nyata yakni berbentuk texture cartoon. Sementara texture real sendiri memberikan texture sebenarnya berdasarkan karakteristik dan sifatnya.
Itulah kelebihan menggunakan 3D Max beserta pengertian 3d max, sebenarnya masih banyak lagi fitur-fitur yang ada dalam 3D Max selain fitur diatas. Adapun salah satunya adalah Animasi Dynamics yang diaplikasikan agar membuat animasi dengan objek-o0bjek saling bertabrakan atau bertubrukan. Kelebihan lainnya adalah bisa membuat cahaya secara realistic.

Pengenalan Dan Dasar 3DMAX

Software  pengembangan  animasi  dimensi  tiga  merupakan  software  yang banyak  digunakan  oleh  para  praktisi  dalam  bisnis  periklanan.  Software  ini  banyak ragamnya, sesuai dengan keterserdiaan fasiltas yang disediakan untuk memudahkan pengguna. Discreet  3DS Max merupakan  software dimensi  tiga yang  dapat  membuat  objek  dimensi  tiga  tampak  realistis.  Keunggulan  yang dimiliki  adalah  kemampuannya  dalam  menggabungkan  objek  image,  vektor dan  tiga  dimensi,  serta  langsung  dapat  menganimasikan  objek  tersebut. Animasi dimensi  tiga dapat  diintegrasikan pada halaman multimedia dan bisa  berdiri sendiri sebagai sebuah movie.
Kemajuan dunia grafik khususnya animasi 3d telah berkembang dengan sangat pesat. Telah banyak kemudahan-kemudahan dan feature-feature baru yang dikeluarkan oleh pihak vendor dalam upaya untuk semakin memikat konsumen/user dengan produk mereka. Ini tentunya menjadi nilai tambah bagi para konsumen dalam mengekplorasi ide kreatifitas dalam berkarya. Hal ini tentunya harus menjadi motivasi bagi siswa selaku insan yang bergelut dalam bidang multimedia untuk lebih serius dan tekun dalam mempelajari penggunaan software animasi 3d multimedia ini.
Buku panduan ini disusun  dari berbagai macam sumber untuk mempermudah siswa dalam mempelajari dan mengaplikasikan kosep animasi dan pemodelan 3D dengan menggunakan Software 3ds max. Bahasan dalam buku panduan ini mencakup dasar-dasar modeling dan animasi 3 dimensi yang sederhana sebagai dasar bagi siswa untuk dapat melatih diri dalam mengeksplorasi ide dan kreatifitas mereka

Area kerja 3ds max
1.   Menu, berisi berbagai macam perintah dan fasilitas untuk memodifikasi model atau animasi yang kita buat. Prinsipnya hampir sama dengan menu-menu yang ada pada software pada umumnya.
2.   Tool Reactor,  berisi tool-tool yang dapat digunakan untuk memasukan objek menjadi koleksi reactor.  Atau dengan cara lain juga kita dapat lakukan dengan menekan Create > Helpers > reactor
3.   Command Panel, berisi perintah- perintah atau parameter-parameter yang berkaitan dengan objek yang kita buat. Misalnya untuk menentukan banyaknya segmen yang ada dalam suatu objek, density, massa, efek gravitasi, dan banyak lagi yang lainnya. Dalam buku panduan ini, untuk memodifikasi atau menampilkan Command Panel yang berada di bawah  biasa disebut rollout. Jadi nanti kita tidak lagi bingung dengan istilah rollout.

4.   Viewport, merupakan  area atau layar tempat kita mengerjakan animasi. Terdapat enam sudut pandang dalam animasi tiga dimensi, yaitu atas, bawah, kiri, kanan, depan dan belakang. Berdasarkan sudut pandang tersebut, dalam 3ds max terdapat 8 sudut pandang viewport, yaitu top, bottom, left, right, front, back, perspectift dan user.  Viewport yang aktif ditunjukkan dengan warna kuning di pinggir viewport tersebut. Berikut adalah gambar tampilan viewport dalam 3ds max.
5.   Main toolbar, dalam 3ds max terdapat tool yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan dalam memanipulasi objek yang kita buat. Terdapat beberapa main toolbar standar seperti tampak pada gambar di bawah ini :

a.   Undo berfungsi sebagai history pallete atau untukl kembali ke perintah sebelumnya.
b.   Redo merupakan kebalikan dari undo
c.   Select and link berfungsi untuk menghubungkan satu objek dengan objek yang lain sehingga ada sutu ikatan antara objek tersebut.
d.   Unlink selection merupakan kebalikan dari link yaitu untuk memutuskan ikatan atau hubungan tersebut.
e.   Bind to space warp merupakan fasilitas yang digunakan untuk menghubungkan suatu objek dengan efek tertentu, misalnya kita akan menghubungkan objek pale dengan efek air (Water).
f.   Selection filter merupakan fasilitas yang dapat digunakan untuk menyaring objek apa yang akan dipilih.
g.   Select object digukanan untuk memilih atau menyeleksi objek.
h.   Select by name digunakan untuk memilih objek berdasarkan nama object tersebut.
i.    Select and move digunakan untuk memilih dan memindahkan posisi objek.
j.    Select and rotate digunakan untuk memilih dan memutarkan objek yang kita pilih tersebut.
k.   Select and scale digunakan untuk memilih dan mengubah ukuran objek
l.    Use center flyout digunakan untuk menentukan coordinate system yang akan mempengaruhi proses transformasi.
m.  Mirror digunakan untuk menggandakan atau mencerminkan objek
n.   Layer manager digunakan untuk mengatur layer
o.   Curve editor digunakan untuk mengatur kurva dari objek yang kita buat
p.   Material editor merupakan fasilitas untuk memberi material atau teksture pada objek yang kita buat
q.   Render scene dialog digunkan untuk merender animasi atau model pada scene terpilih.
1.   Time Slider dan tool-tool untuk navigasi
Selain terdapat main tool yang dapat mambantu kerja kita dalam viewport terdapat juga beberapa bagian lain yang terdapat dalam scene 3ds max yang perlu kita ketahui, yaitu :
a.   Time Slider
Prinsipnnya sama dengan Timeline yang berada pada software pembuat animasi yang lain, yaitu untuk mengatur posisi objek dalam selang waktu tertentu yang ditunjukkan oleh keyframe. Bisa juga kita  fahami fungsinya untuk melakukan perubahan animasi.









BAB 2

Tutorial Membuat Sofa Dengan 3DMAX





 


Aktifkan tombol Create di Command Panel, ubalah Standart Primitives menjadi Extended Primitives, lalu Klik Chamferbox.






Kemudian aktifkan Top Viewport, gambarlah sebuah kotak tersebut seperti dibawah ini,




 


Buatlah sebuah kotak lagi di Top Viewport, seperti ini



  


Masih tetap yaa kawan, buatlah sebuah kotak lagi sebagai pinggiran sebuah kursi, etsss tetap setia yaa menggunakan Chamferbox. Setelah salah satu pinggiran kursi telah jadi, kamu tak perlu repot-repot menggambar lagi pinggiran kursi yang satunya. Kamu tinggal aktifkan kotak pinggiran kursi dan tekan Shift + drag kesamping/kekiri. Lah jenggg jengg jadi lah seperti dibawah ini.







Untuk menggabungkan Objek yang satu dengan yang lainnya, kamu Klik Create diCommand Panel, kemudian ubalah Extended Primitives menjadi Compound Objects.









Setelah kamu mengaktifkan Compound Objects, aktifkan salah satu objek dari sebuah kotak-kotak tersebut. Klik Pick Operand B dan klik Union. Setelah itu kamu tinggal mengklik Objek yang lainnya.











Hingga Tergabung seperti dibawah ini.



  


  

Yaa kita hampir selesai kawan, untuk memberi kesan nyata pada sofa tersebut. Kamu cari gambar di Galerimu dan Drag ke sofa tersebut. Seperti ini,





  

 






Nahhh jadikan, Untuk melihat hasil yang sudah kita buat, kamu tinggal tekan F9.
JENGGG JENGGG JADI DEH.





 

Al-Hasil





   
 






 Cara Modeling Sofa Menggunakan 3D MAX



1. Buka 3DSMax (Semua Versi)
2. Aktifkan tombol Box di 3DSMax.




















3. Kemudian Buatlah Box di layer Perpective dengan Ukuran, sebagai berikut:















4. Setelah Box selesai Dibuat, maka selanjutnya kita aktifkan dulu Mode Edged Face, agar kita mudah dalam melakukan modeling dengan sofa. Caranya, klik kanan tulisan perspective di layer perspective, lalu pilih Edged Face.











5. Kemudian, kita aktifkan tombol Arc Rotate untuk memutar kamera layer perspective ke arah bawah box. Perhatikan gambar dibawah:
















6. Ok, setelah kamera diarahkan ke Bawah. Sekarang kita klik kanan objek Box, dan pilih Convert to: Convert to Editable Poly.


















7. Setelah di Convert jadi poly. Sekarang kita klik menu modify, dan aktifkan modus polygon. Supaya jelas, perhatikan gambar dibawah:














8. Selanjutnya, Tekan Ctrl di keyboard lalu, seleksi polygon-polygon dibawah box.














9. Setelah diseleksi, tekan Del di Keyboard. Supaya terhapus semua bagian bawah Box.














10. Sekarang masuk ke menu modify, dan klik modifier list, lalu pilih mesh smooth.



















11. Jika sudah ke Mesh Smooth, maka akan terlihat hasilnya. Kita sudah memiliki, pegangan Sofa. Kini kita sudah di 30% tahapan pengerjaan.












12. Ok. Kini kita sudah punya satu pegangan sofa. Sekarang supaya kita tidak cape ngebuat ulang. Cukup kita copy pengangan tersebut. Caranya, klik di objek sofa dengan tombol Select and Move, lalu tahan sumbu Merah, kemudian geser pegangan sofa sambil menahan tombol shift di keyboard. Kalau berhasil akan tampil, Menu Clone Options, tekan saja Ok.












13. Kemudian untuk sandarannya, kita juga bisa gunakan pegangan sofa, yang telah kita buat, dan nantinya bisa kita modifikasi lagi. Caranya, lakukan cloning lagi terhadap pegangan sofa, seperti sebelumnya, lalu posisikan sandaran ditengah pegangan sofa,  seperti gambar dibawah.












14. Klik di Objek Sandaran Sofa. Lalu masuk ke menu modify. Dan pilih Editable Poly, lalu pilih vertex.














15. Sekarang masuk ke layer Left. Dan tarik 2 Vertex Keatas.


















16. Sekarang dengan tombol select and rotate, kita putar vertek kebawah. Seperti gambar dibawah.


















17. Ok. Setelah diputar maka vertex baris kedua, kurang rapih, nah sekarang kita rapihkan, supaya, sejajar dengan sofa. Caranya, seleksi vertex bagian paling luar, lalu geser supaya sejajar dengan pegangan sofa.
















18. Sekarang, jika sudah selesai. Kita klik lagi menu mesh smooth. Dan lihat hasilnya, sofa kita sudah 80% Jadi. Sekarang tinggal, buat dudukannya.














19. Untuk buat dudukan, caranya sama dengan membuat sandaran kursi. Cloning saja, salah satu pegangan sofa, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, lalu posisikan dibawah sandaran sofa.














20. Selanjutnya, karena sofa terlalu pendek. Sekarang kita naikkan sofanya biar terlihat tinggi. Caranya, klik di dudukan sofa, lalu masuk ke modify dan pilih modus vertex lagi.














21. Sekarang masuk ke layer Front. Dan tarik 2 baris vertex ke atas. Seperti kita menarik vertex di sandaran sofa. Jika sudah tekan kembali, tombol Mesh Smooth.














22. Ok, jika sudah selesai, kembali ke layer Perspective. Dan lihat Hasilnya. Atau, jika pengen di Render, tekan tombol F9.





























BAB 3


Pentupan


Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini.

Penulis banyak berharap para pembaca yang budiman dusi memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya makalah ini dan dan penulisan makalah di kesempatan-kesempatan berikutnya. Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar